Blogroll

Ella Enchanted: Kutukan Sang Peri

Cerita, Penokohan, dan Amanat dalam Novel Ella Enchanted: Kutukan Sang Peri



 Identitas buku
 

 Judul asli : Ella Enchanted

 Pengarang : Gail Carson Levine

 Penerbit : Harper Trophy, New York, 1997

 Penghargaan : Newberry Honor Book (Penghargaan Buku Remaja Terbaik di Amerika) Buku Anak Terpuji 1998, Buku Terbaik untuk Remaja 1998 versi ALA, Buku Pilihan Remaja 1998 versi ALA, Buku Terbaik 1997 versi School Library Journal, Buku Terbaik 1997 versi Publisher Weekly

 Judul terjemahan : Ella Enchanted: Kutukan Sang Peri

 Penerjemah : Lovely

 Penerbit : Kaifa, Bandung, 2003
 

 

 

 

Novel ini bercerita tentang seorang anak bernama Ella yang sewaktu bayi dianugerahi sifat patuh oleh peri Lucinda. Sebenarnya ibu Ella menolak anugerah itu, tetapi Lucinda tak mau tahu. Ella baru sadar dengan kutukan itu ketika dia merayakan ulang tahunnya yang ke lima. Ayahnya, Sir Peter tidak tahu apa-apa tentang kutukan itu. Dia jarang bertemu Ella.
 

 

Saat Ella hampir berusia lima belas tahun, ia dan Ibunya terserang flu. Mandy menyuguhkan sup penyembuh yang terbuat dari sayuran dan seutas rambut kuda unicorn. Ella sembuh, tetapi ibunya malah bertambah parah. Lady Eleanor akhirnya wafat. Ella tak bisa menahan tangis. Dia berlari ke pohon weeping willon (pohon menangis) dan menangis di sana. Pengeran Charmout, putra Raja Jerrold, menghampiri Ella. Dia mampu menghibur Ella. Ayah memerintahkan Ella berganti pakaian untuk menemui Dame Olga serta kedua anaknya, Hattie dan Olive. Ella tidak suka dengan mereka. 
Ella bertanya kepada Mandy siapakah peri pelindung yang sering dikatakan oleh ibunya. Ternyata peri pelindung keluarga Ella adalah Mandy. 

 

Ella tidak percaya karena Mandy tak bisa menyembuhkan ibunya dan menghapus kutukan. Mandy telah berusaha menyembuhkan, tetapi ibu menyingkirkan rambut kuda unicorn ketika makan sup penyembuh. Mandy tak bisa menghapus kutukan karena itu sihir besar. Hanya peri bodoh dan sombong yang menggunakan sihir besar. Mandy mengatakan semua keturunan Eleanor adalah sahabat peri. Dalam tubuh Ella juga mengalir darah peri meski hanya setetes. 
Ella sering mengunjungi kebun binatang kerajaan. Banyak sekali binatang yang bisa berbicara. Di sana Ella bertemu dengan Pangeran Charmont. Ella pandai berbahasa Jembalang dan Kyrria dengan burung dan binatang Jembalang lainnya.

 

 

Lihat dan Download Unsur intristiknya di sini >>>  Download

 


Cover novel KUTUKAN SANG PERI 

 

0 komentar:

Posting Komentar